SD di Sulbar Yang Berdinding Papan dan Beralas Tanah ini Kurang Perhatian Dari Pemerintah Setempat

Tabloid Nasional. Masih banyak sekolah yang luput dari perhatian. Salah satunya kelas jauh SDN 044 Riso, Dusun Tondopata, Desa Riso, Kecamatan Tapango, Sulawesi Barat (Sulbar).

Sejak didirikan secara swadaya oleh warga setempat pada akhir 2008, gedung sekolah kelas jauh ini belum sekali pun tersentuh perhatian pemerintah. Padahal, dari hari ke hari, kondisi bangunan sekolah yang berbahan kayu itu semakin memprihatinkan.

"Sampai sekarang belum pernah ada bantuan. Bangunan dan keperluan murid untuk belajar semuanya swadaya warga," kata tokoh masyarakat Sapriadi kepada Tablonasional.com, Kamis (22/11/2018).

Sekolah kelas jauh ini sengaja dibangun warga untuk memudahkan anak-anak di daerah ini guna memperoleh pendidikan. Jarak menuju sekolah induk yang mencapai 3,5 kilometer dan ditempuh dengan berjalan kaki. Alhasil, hal itu menjadi alasan banyaknya anak usia sekolah dasar di Dusun Tondopata putus sekolah.

"Itu sebabnya warga di dusun ini sangat mengharapkan perhatian dari pemerintah agar keberadaan sekolah ini mendapat dukungan, baik materi maupun moril, agar keberadaan sekolah kelas jauh ini tetap dapat dipertahankan," lanjut Sapriadi.

Awalnya sekolah kelas jauh ini memiliki 43 murid yang duduk di bangku kelas I sampai IV. Jumlah tersebut kini turun drastis menjadi 17 murid saja yang duduk di bangku kelas I sampai III.

"Alasannya karena tenaga pengajar kurang, sekarang tinggal satu orang, banyak anak yang berhenti sekolah, lainnya terpaksa pindah tempat tinggal mendekati sekolah induk," ungkap Sapriadi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Berencana Terapkan ERP Untuk Sepeda Motor, Ini Kata Pemprov DKI

Inilah Tanggapan Sandiaga Tentang Rumor Yang Ketakutan Tentang Ekonomi

Jadi Kota Yang Paling Berkomitmen Dan Jujur Versi KPK, Ini Pendapat Walkot Aceh